HAKI: Keutamaan Hak Merek

Pernahkah Anda duduk dengan takjub menyaksikan kawanan burung lokal saat mereka membuat perubahan arah yang cepat dan tiba-tiba dan kawanan tersebut mengikuti? Saat mengamati kawanan burung lokal, Anda dapat langsung melihat bahwa mereka jauh berbeda dari kawanan burung yang bermigrasi, karena burung yang bermigrasi terbang dalam garis lurus. Sulit untuk mengatakan mengapa burung-burung terbang bersama dalam formasi dalam kawanan lokal dan tampaknya saling menantang siapa yang akan memimpin formasi, tetapi tampaknya itulah yang mereka lakukan. haki Dengan migrasi jarak jauh, jelas mereka melakukan ini demi keuntungan aerodinamis.

Sekarang, saya ingin mengambil analogi ini dan mengusulkan pemikiran kepada Anda. Saya ingin Anda duduk dan memikirkannya sejenak ketika saya membandingkan ini dengan inovasi dan perubahan dalam industri tertentu, saat para pemimpin industri berebut posisi dengan inovasi baru, penelitian dan pengembangan, dan perusahaan lain mengikuti mereka. Kadang-kadang, industri memiliki gagasan yang cukup bagus ke mana arahnya di masa depan, tetapi tidak tahu persis bagaimana menuju ke sana – atau tujuan yang dimaksudkan – hanya saja pada akhirnya akan sampai di sana.

Mari kita lihat Apple dan iPod, iPhone, dan iPad terbaru mereka – Anda harus mengakui bahwa ini adalah banyak inovasi untuk satu perusahaan dalam waktu singkat. Sepertinya ketika Anda berpikir tidak mungkin ada inovasi baru, Apple muncul dengan sesuatu yang baru. Mereka jelas merupakan inovator dalam industri teknologi pribadi, komputer pribadi, dan siapa yang tahu apa lagi di masa depan? Setiap kali mereka berinovasi, kawanan domba mengikuti. Beberapa perusahaan atau burung lain mengikuti dengan sangat dekat dan mencoba meniru mereka hampir persis.

Perusahaan lain bertahan, mereka santai saja tanpa berusaha memperebutkan posisi terdepan, atau mengikuti mereka. Alih-alih saat flok berbelok ke kanan dengan keras, mereka mungkin hanya menyesuaikan sedikit dalam vektor lintasan mereka untuk mengejar mereka. Pada dasarnya, perusahaan, peniru, dan mesin fotokopi berikut ini atas inovasi, paten, dan kekayaan intelektual mereka mengeluarkan energi yang jauh lebih sedikit, meskipun Anda dapat dengan bebas mengatakan bahwa mereka masih menjadi bagian dari kawanan (industri).

Burung yang lebih tua atau lebih lemah paling sering melakukan ini, terutama jika mereka tidak dapat mengimbangi burung yang lebih muda dan lebih kuat, yang mungkin sedang pamer kepada calon pasangannya, atau bersaing untuk mendapatkan pecking order. Orang bisa bertanya strategi mana yang lebih baik? Terbang di belakang sang pemimpin, dan dengan demikian di slipstream mereka seperti Lance Armstrong di Tour de France, atau bergelantungan di belakang “Peloton” dan terbang lebih sedikit setiap kali kawanan berbelok ke arah yang berbeda, ia masih menuju ke indie tujuan dengan sisa burung.

Jika kita melihat Apple dan kapitalisasi pasarnya, atau perusahaan seperti Google, atau bahkan Microsoft di masa lalu, kita melihat para inovator bahwa jika mereka dapat terus berinovasi cenderung memenangkan permainan. Dalam sekawanan burung, burung terkemuka mungkin bisa kawin dengan burung lain pilihan mereka, dan mereka tetap berada di urutan teratas dalam urutan kekuasaan. Karena semua terbang mewah dan kerja keras, mereka mungkin juga burung yang lebih kuat, lebih bugar secara fisik, dan itu juga merupakan keuntungan.

Akan selalu ada pemimpin di industri atau bidang apa pun, dan akan selalu ada lintah yang menempel di sepanjang perjalanan. Beberapa orang akan mengatakan bahwa strategi terbaik adalah menjadi pemimpin, atau mengambil keuntungan sesering mungkin menggunakan “teori pertama ke pasar”, namun, saya akan menyarankan kepada Anda di zaman sekarang ini dengan pembuatan prototipe yang cepat, teknologi pribadi yang ganas branding dan peluncuran pemasaran, menjadi yang pertama di pasar mungkin tidak bijaksana atau bahkan aman. Oke, tapi kami perhatikan bahwa banyak penggerak pertama teknologi baru menikmati sedikit keuntungan – tetapi tidak selalu.

Untuk setiap Apple, Google, atau Microsoft, ada puluhan ribu perusahaan, startup, perusahaan inovatif yang didanai modal ventura, yang tidak lagi bersama kami. Mereka juga yang pertama di pasar mereka, mereka menghabiskan banyak uang untuk merek dan pemasaran, menyiapkan saluran distribusi, hanya untuk memiliki burung yang lebih tua, menyalin metode, inovasi, dan meniru prototipe mereka – dengan demikian, menangkap sebagian besar pangsa pasar di akhir.

Bagaimanapun, mereka juga mendarat di tempat tujuan, meskipun tidak terlalu lelah, dengan lebih sedikit uang yang dikeluarkan, dan mereka memiliki banyak energi untuk mengambil bagian dalam keuntungan, cacing, atau makanan yang tersedia di tempat tujuan di pasar.

Akhir-akhir ini, kami telah menyaksikan banyak tuntutan hukum antara Apple dan perusahaan pesaing lainnya yang meniru. Banyak dari perusahaan ini telah berada di luar negeri dan mereka telah merampok informasi hak milik, mencuri paten, atau langsung menyalin produk Apple.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *